Sekitar UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2013


UJIAN NASIONAL SMP -56 HARI LAGI
Saya juga salah satu pelajar yang mau menghadapi UN SMP Tahun 2013. Tak terasa tinggal menghitung hari yaa teman-teman :>
Semoga dengan postingan saya kali ini tentang seputar UN SMP bisa berguna buat kalian dan juga saya. Ammiiin ^^

Kisi-Kisi UN 2013, 20 Paket Soal Per-Ruangan

UN 2013 memang bukan satu-satunya yang menjadi kriteria kelulusan siswa. Dalam pelaksanaan UN di tahun sebelumnya, 60% dari nilai ujian nasional ditambah dengan 40% nilai sekolah yang merupakan rata-rata dari nilai rapor.
Pemerintah mungkin melihat terjadi banyak kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional di tahun sebelumnya. Beberapa bentuk kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan ujian nasional antara lain : sekolah dengan sengaja mengganti nilai rapor agar 40% nilai siswa dapat menopang kelulusan meskipun nilai ujian nasionalnya rendah, KKM mata pelajaran sengaja ditinggikan, nilai ujian sekolah sudah bukan hasil murni, posisi duduk siswa direkayasa, pengawasan ujian nasional tidak diperketat, siswa bisa bekerjasama dengan teman duduknya, siswa mendapat bantuan jawaban dengan SMS, dan berbagai macam cara dilakukan.
Untuk mengurangi kecurangan-kecurangan tersebut, pemerintah tahun ini mengeluarkan aturan mengenai jumlah paket soal dalam tiap ruangan. Di tahun sebelumnya, jumlah paket soal yang diberikan adalah 5 paket. Artinya, dalam tiap ruangan ada 4 siswa yang jenis soalnya sama. Meskipun sama, posisi duduk mereka diacak setiap hari sehingga usaha untuk berbuat curang sebenarnya sudah sulit.
Tapi lagi-lagi kita harus prihatin, di lapangan yang terjadi adalah sesuatu yanag sungguh di luar dugaan. Kecurangan-kecurangan seperti yang saya sebutkan di atas masih juga bisa terjadi.
Akhirnya, tahun ini ujian nasional akan dilaksanakan dengan 20 paket soal tiap ruangan. Ini mungkin akan meminimalisir kecurangan yang terjadi.

Jadwal Ujian Nasional SMP/MTs 2013


No Mata Pelajaran Soal Waktu* Tanggal
1 Bahasa Indonesia 50 120 menit 22 April 2013
2 Bahasa Inggris 50 120 menit 23 April 2013
3 Matematika 40 120 menit 24 April 2013
4 Ilmu Pengetahuan Alam 40 120 menit 25 April 2013

0 komentar:

Posting Komentar