Latihan Bahasa Indonesia UN SMP/MTs

Bacaan untuk soal nomor 1 dan 2!
        (1)Layang-layang Adi tiba-tiba menukik dari atas menyambar laying-layang Badu. (2) Akibatnya, ada bagian kertas laying-layang Badu robek. (3) Dan … ketika diadu kembali, laying Badu pun putus. (4) Badu memandang laying-layangnya seolah-olah tidak percaya. (5) Perasaan sedih dan malu menjadi satu. (6) Akhirnya Badu mengakui kekalahannya. 
  1. Bukti nilai moral terdapat pada kalimat ...
    A.      (3)
    B.      (4)
    C.      (5)
    D.      (6)
  2. Watak tokoh Badu pada kutipan novel tersebut adalah...
    A.      pemalu
    B.      sombong
    C.      berjiwa besar
    D.      angkuh

     
    Bacaan untuk soal nomor 3 dan 4!
    ….
    (1)Aleks         :       Cukup. Tak usah kau mengejek begitu. Berkata menyanjung-nyanjung, tetapi menjatuhkan, menghina, meremehkan, memandang rendah, me …
    (2)Irna            :       Cukup, Tak u ….
    (3)Aleks         :       Cukup. Kau ….
    (4)Dawud       :       (Tiba-tiba dating  dari sudut barat) Sudah. Setiap kali bertemu, begini. Di sekolah, di kantin, di sini, di rumah Amroq, di rumah Pak Juweh, di rumah ….
    (5)Irna            :       Sudah kau juga sama saja. Marah selalu. Di sini, di sana, dan …
    (6)Aleks         :       Kau juga mulai lagi. Masalahnya itu apa? Dipecahkan. Tidak asal ngomong, asal …
    (7)Dawud    :       Diam
    (8)Aleks       :       Ini jadi ….
  3. Suasana yang tergambar dalam kutipan drama  tersebut  adalah ….
    a.   mengecewakan
    b.  menyedihkan
    c.   menegangkan 
    d. mengkhawatirkan

  4.  Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ….
    A.  sekolah
    B.  kantin
    C.  rumah
    D.  taman
  5.  Perhatikan ilustrasi berikut!
    Pada peringatan Hari Kartini tahun ini, Juleha benar-benar jadi bintang. Pakaian kebaya dan konde sanggulnya sangat serasi. Ketika dia turun dari becak semua mata memandangnya dengan tidak berkedip. Juleha semakin pede bahkan beberapa anak laki-laki berusaha menuntunnya. Juleha baru kali ini menjadi pusat perhatian teman-teman, termasuk Jan Wiro Utomo anak yang ditaksirnya selama ini.
    Catatan buku harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …
    A.  Sungguh aku sangat bahagia hari itu. Bagaimana tidak. Aku Juleha hari itu benar-benar luar biasa. Aku dibuatnya tidak berkedip. Juleha yang selama ini biasa-biasa saja hari itu sungguh aneh sekali.
    B.  Hari Kartini tahun ini, tahunnya aku. Aku menjadi selebriti dadakan. Aku senang menjadi perhatian teman-teman, terutama si Jan. Kebaya dan kondeku dapat menghipnotis orang-orang yang memandangku.
    C.  Juleha menjadi pusat perhatian teman-temannya. Sanggul dan kebaya yang dikenakannya membuat orang berdecak kagum. Ketika turun dari becak pun dia selalu menjadi incaran mata-mata lelaki.
    D.  Hari itu tangga 21 April. Juleha berusaha tampil abis-abisan. Kebaya dan konde yang ia sewa dari Bu Maryati sungguh di luar dugaannya. Jan yang selama ini menganggap dirinya gadis empang tampa tampang. Kini dia menjadi remaja yang pantas untuk diperhitungkan.
     
  6. Bambang,  ketua OSIS SMP Onsit  sedianya akan memimpin rapat pembentukan panitia Bhakti Sosial SMP Onsit di Marunda Blencong. Pada saat yang bersamaan hari Sabtu, 4 Aprl 2009, pukul 10.00 Ibu Turasmi, Pembina OSIS, menugaskan Bambang untuk menghadiri  Acara Pembinaan OSIS di GRJU. Akhirnya Bambang menugasi Khurotul Aina, wakil ketua OSIS, untuk memimpin rapat.
    Berdasarkan ilustarsi tersebut,  memo dari Bambang kepada Khurotul Aina yang tepat adalah ….
    A.  Tolong pimpin rapat persiapan Pembinaan OSIS hari Sabtu, 4 April 2009, pukul 10.00 saya mendapat tugas dari Bu Turasmi.
    B.  Pimpin rapat pembentukan panitia baksos, Sabtu, 4 April 2009, pukul 10.00. Saya menghadiri Pembinaan OSIS di GRJU.
    C.  Bu Turasmi menyuruh saya menghadiri Pembinaan OSIS hari Sabtu, 4 April 2009, pukul 10.00 di GRJU.
    D.  Hadiri rapat tanggal 4 April 2009, pukul 10.00 untuk membicarakan Bhakti Sosial di Marunda Blencong.

     
  7.  Perhatikan data hasil pengamatan berikut!
                                Keadaan SMP Bambu Kuning  Marunda
    No
    Ruang
    Jumlah
    1
    Kelas
    12
    2
    Laboratorium Bahasa
    2
    3
    Laboratorium Komputer
    1
    4
    Laboratorium IPA
    2
    5
    Perpustakaan
    1
     
    Laporan yang tepat sesuai data tersebut adalah ...
    A.  Sekolah yang terletak di pinggir kota Jakarta mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Didukung oleh ruang kelas, laboratorium bahasa, laboratorium computer, laboratorium IPA, dan perpustakaan menambanh lengkap fasiliats di sana. Setiap siswa mendapat computer satu-satu saat praktek computer. Begitu pun ketika pelajaran bahasa baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
    B.  Kelas yang terdapat di SMP Bambu Kuning berjumlah 12. Kedua belasan ruangan ini ditunjang oleh berbagai fasilitas lainnya. Diantaranya : Lab.  IPA, Lab. Komputer, Lab. Bahasa, dan Perpustakaan. Semua fasilitas tersebut berjumlah 1, kecuali laboratorium computer. Ruangan-ruangan itu sangat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran siswa. Maka tidak mengherankan banyak lulusan dari sini diterima di sekolah-sekolah unggulan.
    C.  SMP Sungai Bambu cukup lengkap sarana pembelajarannya. Di sana terdapat ruang belajar 12 ruang. Untuk pembelajaran bahasa sudah tersedia 2 Lab. Bahasa. Sedangkan perpustakaan sebagai sarana mencari pengetahuan baru tersedia. Laboratorium IPA terdapat dua buah untuk fisika dan bahasa. Lab. Komputer dengan 40 set komputer  dan ber-AC berjmlah satu buah memberikan kenyamanan bagi siswa.
    D.  Sudah lama SMP Bambu Kuning mendambakan keadaan seperti ini. Walaupun sekolah ini berada di komunitas anak nelayan tetapi masalah fasilitas pembelajarannnya tidak kalah dengan SMP-SMP lainnya. Walaupun anak-anaknya setiap hari berkubang dengan empang dan laut tetapi mereka memainkan computer dan selalu membaca di perpustakaan yang ada di sekolah.

     
  8.  Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
     
    (1) Kelompok pertama berlokasi di Marunda Kepu.
    (2) kelompok terakhir sebagai pusat kegiatan berlokasi di Marunda Blencong.
    (3)Peserta Bhakti Sosial berkumpul pukul 07.00.
    (4)Kelompok berikutnya berlokasi di Marunda Pulo dan Marunda Kongsi,
    (5)Sebelum  berangkat ke lokasi,  mereka mendapat arahan dari Kepala Sekolah.
    (6)Mereka dibagi dalam empat kelompok. (6)Mereka dibagi dalam empat kelompok.

    Kalimat-kalimat tersebut agar menjadi pargraf laporan yang padu maka urutannya adalah ….
    A.   (3),(5),(6),(1),(4),(2)
    B.   (3),(6),(4),(2),(1),(5)
    C.   (5),(3),(4),(6),(2),(1)
    D.   (5),(4),(3),(2),(6),(1)

     9.    Perhatikan kutipan surat berikut!
     
    Dini…
    Ciluuuk Ba!

    [ …. ] Cehat-cehat khan, syukurlah aku juga cehat. Bahkan saat ini aku sehat buangeet alias gemuk he… he…

    Din, liburan besok kamu ada acara nggak. Kalau nggak ada  gimana kalau kita liburan  ke rumah tanteku aja di Sungai Bambu. Sambil ketemuan sama Demong kamu pasti mau. Aku harap ajakan ini jangan ditolak ya, Din. Aku tunggu balasanmu.

    Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang  adalah ….
    A.  Setelah membaca suratmu aku sehat.
    B.  Hai, ada apa, Din!
    C.  Din, bagaimana kabarmu?
    D.  Dini sayang sedang apa sekarang?

     10.   Perhatikan kedua kutipan novel berikut!
Kutipan 1
Kutipan 2
Difa pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berfikir, Yanto telah salah menilai Abah. Abah itu ramah. Selain itu lucu, perutnya yang buncit berguncang saat ia tertawa.
Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus. Padahal aku sedang berkonsentrasi belajar.
“Kevin, jawab dong, kalau adikmu Tanya!” seru mamaku. Selalu itu teriakan mama, jika aku tidak menggubris pertanyaan adikku.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah …

Kutipan 1
Kutipan 2
A
Tokoh yang terlihat banyak
Tokoh yang terlihat dua
B
Sudut pandang diaan
Sudut pandang akuan
C
Latar tidak jelas
Latar jelas
D
Amanat tersurat
Amanat tersirat 

0 komentar:

Posting Komentar